Kiat Promosi Jasa Desainer Grafis Secara Online (3)

Bookmark and Share

5. Masukkan Portfolio di Jejaring Sosial Khusus Desain.

Ini adalah rumah kedua kamu setelah blog/website pribadi. Setidaknya buat akun di Deviant Art, Behance, Designers Couch dan banyak lagi pilihan yang lain. Biasanya klien potensial mencari desainer melalui website sosial khusus Desainer Gambar Grafis seperti itu dan juga untuk membangun brand diri kamu di kalangan seprofesi.

6. Ikut Serta dalam Kontes Komersial atau Non-Komersial.

Dalam setahun pasti ada saja acara atau kontes yang berhubungan dengan desain (biasanya non-komersial), kalau kamu sebagai desainer gambar grafis punya waktu, ikuti dan kirim karya kamu. Jika kamu masuk ke dalam nominasi, itu akan menaikkan posisi brand diri kamu dan tentu membuka jaringan yang lebih luas karena otomatis kamu akan banyak bertemu teman baru, baik dari yang seprofesi desainer gambar grafis atau yang tidak seprofesi.

Bagi kontes yang komersial, versi online nya dapat kamu temukan di website seperti 99designs atau Crowdspring. Memang sekilas seperti kontes free pitching yang sangat di haramkan di dunia desain, tetapi sebenarnya tidak ada salahnya di coba. Kamu akan mendapatkan portfolio sebagai desainer gambar grafis walaupun tidak menang.

7. Jualan Stok Desain.

Punya elemen desain atau desain full template yang tidak terpakai? Daripada hanya tergeletak di harddisk, lebih baik kamu (Desainer Gambar Grafis) jual saja di ThemeForest (untuk template website) atau GraphicRiver (untuk semua elemen yang berhubungan dengan desain grafis). Selain berpotensi mendapatkan penghasilan pasif, kamu juga secara tidak langsung memasarkan skill kamu ke seluruh dunia.

Cara ini sungguh tidak ada ruginya dan layak di coba. Saya yakin kamu pasti mendapatkan pengalaman baru jika sudah mulai berjualan disana.

8. Bagikan Stok Desain Secara Gratis.

Lebih berjiwa dermawan? tidak masalah. Bagikan saja desain stok kamu secara gratis melalui blog/website/profil jejaring sosial kamu, biasanya orang suka sesuatu yang gratis (well siapa yang tidak suka?) apalagi jika stok desain itu bagus dan berguna. ICreativeLabs merupakan salah satu contoh yang bagus, mereka membagikan template desain website berkualitas dari blog mereka.

Biarkan klien potensial mencoba desain kita terlebih dahulu, jika mereka suka dengan kualitas desain gratis yang kita berikan, mereka pasti suatu waktu akan menghubungi kita untuk projek tertentu. Prinsipnya sama dengan kita berjualan kue (makanan), biasanya pasti ada produk tester bukan? tapi yakinkan walaupun gratis, tidak boleh mengesampingkan kualitas.

9. Bersosialisasi.

Yang terakhir ini walaupun kecil tetapi sangat berarti, ke 8 tips di atas tidak akan ada gunanya jika kamu tidak bersosialisasi dengan pembaca, teman dan publik. Mulai dari yang paling mudah, berkomentar (blog walking) dan membalas komentar, mengirim pesan dan membalas pesan, sampai ke pertemuan offline (kopi darat). Sempatkan juga waktu untuk datang ke acara desain grafis, selain untuk bersosialisasi, kamu akan tahu tren apa yang sedang berlangsung di industri desain lokal.

Bagi yang sudah dan sedang menjalankan mungkin bisa berbagi tips lain yang terlewatkan? Mari kita saling berbagi pengalaman!

forum.photoshop-club.com

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger