Komponen Aktif & Pasif pada Komponen Elektronika

Bookmark and Share
Komponen elektronik secara umum terbagi menjadi 2 bagian, komponen aktif dan komponen pasif. Nah jika mengenal komponen elektronika, kita bisa menjadi seorang ahli reparasi elektronik, dan sebagainya.

Komponen Pasif antara lain:


1. Resistor
Resistor atau disebut juga hambatan adalah suatu benda yang dapat menghantarkan listrik tetapi arusnya sulit mengalir. Fungsinya dalam suatu rangkaian pesawat elektronik yakni:
* menghambat arus listrik
* membagi tegangan listrik
* memperkecil dan memperbesar tegangan listrik
* pembagi arus paralel
* pembangkit getaran rendah
* Sebagai pemikul beban

2. Induktor
Induktor adalah kumparan berupa lilitan kawat litz pada suatu inti dan dikemas menyerupai resistor atau kapasitor yang identitasnysa dapat diketahui seperti membaca resistor,yakni membaca kode warna. Jenis induktor pada TV berwarna menggunakan lilitan kawat email adalah trafo playback, trafo IF, trafo switching, line filter, Yoke.

3. Kapasitor
Kapasitor atau disebut juga kondensator adalah komponen yang dapat menyimpan tenaga dalam waktu tertentu tanpa disertai reaksi kimia.Kondensator ada dua jenis,yakni kondensator polar dan non polar.

Komponen Aktif antara lain:


1. Dioda.
Ada banyak jenis dioda di pasaran,tetapi pada TV umumnyadigunakan dioda penyearah, terbuat dari silikon dan germanium, LED, dan dioda zener.

2. Transistor.
Transistor terdiri dari 2 jenis,yakni PNP dan NPN.

3. IC (integrated circuit)
IC terbagi 2 jenis pula,yakni monolitik dan hibrida.Demikian tadi pengulasan tentang dasar Elektronika mengenal komponen. Jika terus dipelajari kita bisa menjadi seorang ahli reparasi elektronik, misalnya TV, komputer, dll.

id.shvoong.com

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger