Kriteria Syarat Kredit Mobil

Bookmark and Share

Tentu saja, membeli mobil secara tunai biasanya akan lebih murah dibanding bila Anda membeli mobil tersebut secara kredit. Namun demikian, jika dana Anda tidak mencukupi untuk membeli mobil secara tunai, maka Anda dapat membelinya secara kredit. Bila Anda membeli mobil melalui dealer, maka setiap dealer mobil biasanya menyediakan jasa pembelian mobil secara kredit, dimana mereka bekerja sama dengan perusahaan keuangan seperti perusahaan leasing (perusahaan pembiayaan) atau bank. Sehingga, disetujui atau tidaknya permintaan kredit yang Anda ajukan tersebut, tentu saja berada di tangan perusahaan leasing atau bank tersebut. Untuk mengajukan kredit mobil, maka Anda perlu melengkapi data­data diri Anda sebagai berikut:

1. Foto kopi KTP

2. Foto kopi Kartu Keluarga

3. Foto kopi Akte Nikah, bagi yang sudah menikah

4. Foto kopi slip gaji dan Surat Keterangan Bekerja, bagi karyawan

5. Foto kopi Buku Tabungan atau Rekening Koran minimal 3 bulan terkahir

6. Foto kopi tagihan listrik 1 bulan terakhir

7. Foto kopi SPPT / PBB (Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang / Pajak Bumi dan Bangunan ) tahun terakhir

Oh ya, walaupun Anda membeli mobil secara kredit, Anda harus tetap menyediakan sejumlah uang tunai karena ada beberapa biaya-biaya yang harus dibayar di muka, seperti :

1. Tanda jadi (booking fee)

2. Uang muka (down payment)

3. Biaya asuransi mobil

4. Biaya administrasi

Dan mungkin akan lebih bijaksana jika Anda tidak memaksakan diri untuk membeli mobil baru, jika setelah diperhitungkan, ternyata cicilan bulanannya sangat berat untuk Anda. Mobil murah jadi mahal apalagi mobil mahal tentunya akan lebih mahal lagi. Ini karena pendeknya jangka waktu kredit pada mobil (yang biasanya 1 s/d 3 tahun) membuat jumlah cicilan bulanan mobil akan jauh lebih besar daripada cicilan rumah yang jangka waktunya panjang (bisa sampai 15 tahun). Jika kondisi Anda seperti ini, maka ada baiknya bila Anda mempertimbangkan saja untuk membeli mobil bekas yang kondisinya masih baik. Jadi berharap membeli mobil murah tapi akhirnya mahal.

http://blog.sewamobilsurabaya.com

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger