Tips Membuat Lantai Marmer Kinclong

Bookmark and Share


Tanya
Ibu, bagaimana caranya membuat keramik di kamar mandi kinclong (Poles Marmer) seperti iklan-iklan di TV? Rasanya saya sudah mencoba berbagai produk (seperti yang diiklankan di TV) tapi hasilnya tidak maksimal ya? Tetap saja ada kesan kusamnya. Mungkin Ibu bisa berbagi/kasih tips bagaimana caranya atau produk apa yang bisa membuat keramik kamar mandi saya kembali "kinclong" [Wwd]

Jawab
Jangan tertipu oleh iklan. Kalau bapak saya kasih tahu, di gosok saja pelan-pelan pakai amplas dan memang benar, lantai putih kelabu, bisa jadi putih beneran cuma memang pegal sekali, soalnya mesti pelan-pelan dan sabar [Ml]

Kalau pakai amplas hanya untuk closet dan lantai saja, kalau untuk dinding yang berwarna dan bergradasi malah jadi hancur. Rumah mama saya juga rumah lama dulu beliau pernah panggil tukang keramik, kemudian oleh si tukang keramik (poles marmer) lantainya dibersihkan dulu lalu dibalur 'zat' (maaf, tidak tahu namanya) kemudian didiamkan beberapa jam, waktu saya kesana hasilnya seperti baru kembali tapi tidak kinclong-kinclong betul. Coba tanya ke tukang-tukang keramik (poles marmer) mungkin mereka punya obat khusus untuk membersihkan keramik [DA]

Saya juga ingin tahu. Waktu itu saya pernah membersihkan pakai vixal yang biru, [maaf, menyebut merk) terus keramik kamar mandi jadi putih-putih, sudah saya coba pakai ampas kelapa, prostex and am way tetap tidak bisa kinclong [Rtn]

Saya baru saja membaca di tabloid rumah, (belum pernah coba) bisa digosok pakai compound, belinya di toko bangunan pakai lap, di gosok pelan-pelan, noda-noda bandel bisa hilang untuk semua keramik (poles marmer). Saya pernah coba pakai porstex, tidak bersih, natnya jadi rusak, kata temen saya juga bisa bikin keropos keramik. [Tr]

Memperingati setahun usia kamar mandi saya, saya kemarin baru saja menyuruh orang membersihkan lantainya yang berkerak pakai porstex, air keras (khusus untuk noda membandel) dan amplas kertas no.180 (jangan amplas kain)hasilnya kinclong seperti baru. Sebenarnya bahan-bahan kimia macam porstex/air keras itu tidak bagus buat keramik karena merusak pori-porinya cara yang benar adalah dengan rutin membersihkan kamar mandi, setidaknya seminggu 2 kali tapi itu kalau ada asisten atau kitanya rajin. Di majalah idea, ada cara membersihkan keramik (poles marmer) kamar mandi dengan butiran kristal, katanya hotel/kantor biasanya pakai ini, cuma harganya memang mahal, sekilo Rp. 150.000,-, satu sendok makan untuk satu keramik 20x20 [Dh]

Dulu saya pernah pakai porstex untuk kamar mandi di atas hasilnya keramik (poles marmer) memang kinclong, tapi kamar jadi basah karena kebocoran dari kamar mandi di atas [It]

Ada tambahan tips membuat keramik kinclong: Citroen zuur. Saya mau cerita saja, beberapa hari yang lalu saya kehabisan porstex. Karena saya paling geli/jijik melihat lantai kamar mandi kotor. Saya siram lantainya dengan campuran air + citroen Zuur, setelah saya siram langsung digosok dengan sikat, setelah itu aku siram air ternyata khasiatnya sama dengan porstex, bisa juga untuk membersihkan bak kamar mandi (poles marmer) dari lumut. Citroen Zuur bisa dibeli di toko yang jual bahan-bahan kue/plastik yang ons-ons-an [Yn]

Selain buat lantai, Citroen Zur bisa juga untuk membersihkan pakaian Warna putih, jadi kalau kehabisan bayclin bisa juga pakai citroen.

dunia-ibu.org

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger