Sewa Apartemen Butuh Biaya Tambahan

Bookmark and Share
Tinggal di apartemen sudah menjadi pilihan bagi sebagian penduduk kota. Faktor efisiensi, karena lokasi berdekatan dengan rutinitas keseharian -selain soal keamanan dan privasi- menjadi penunjang larisnya apartemen di pusat kota, bahkan di kota satelit.

Biaya operasional untuk tinggal di rumah biasa secara umum memang masih lebih murah daripada biaya tinggal apartemen (beli atau hanya
sewa apartement). Meskipun demikian, sebagian penghuni apartemen mengklaim, terkait dengan pengeluaran rumah tangga, tinggal di apartemen lebih murah dibandingkan dengan tinggal di perumahan.


Berdasarkan pengalamannya saat tinggal setahun di apartemen Mediterrania Garden Residence tiga tahun lalu, Muhammad Yunus (36) mengatakan bahwa pengeluaran untuk makan masih lebih murah dibandingkan tinggal di rumah.


"Dalam kawasan apartemen tersedia berbagai pilihan tempat makan, bahkan ada jasa katering dengan layanan antar, jadi lebih praktis dan murah. Sedangkan jika tinggal di rumah, saya lebih sering makan di luar dan harus mencari tempat makan yang jaraknya agak jauh dari rumah," tukas Yunus pada Kompas Female. Karena hanya tinggal berdua dengan istrinya, Yunus memang lebih sering makan di luar ketimbang memasak sendiri di rumah.


Meski dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang membuat aktivitas sehari-hari lebih praktis, Anda perlu mencermati pengeluaran lain jika memilih tinggal di apartemen.


Pada umumnya apartemen membebankan sejumlah iuran layanan kepada penyewa (di luar biaya listrik dan air), seperti:
* Iuran keamanan atau sekuriti.
* Iuran kebersihan.
* Iuran perawatan gedung (maintenance).

Biaya di atas berlaku bagi yang punya apartemen maupun yang hanya sewa apartement. "Dalam hal keamanan, memang saya lebih merasa aman meninggalkan kediaman bahkan hingga lima hari untuk berlibur, karena keamanan gedung menjamin itu," jelas Yunus.
Praktis, aman, pengeluaran terkontrol, Anda akan mendapati ini ketika memilih tinggal di apartemen. Namun pastikan lagi, biaya lain yang harus Anda tanggung ketika menyewa tempat tinggal di apartemen.

female.kompas.com

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger