Bunga Mawar: Katakan Cinta dengan Mawar

Bookmark and Share


Ya, Mawar adalah bunga yang tepat untuk menyatakan cinta. Tetapi tentu saja, bukan mawar sembarang mawar. Berikan mawar-mawar potong yang cantik beraneka warna ini. Hati siapa yang tak akan luluh?

Ada perbedaan mencolok antara mawar biasa (rosa sinensis) dengan mawar potong (rosa hibrida). Jika mawar biasa berbau harum, kebanyakan varietas mawar potong justru tidak. Keistimewaan mawar-mawar potong ini bukan pada wanginya, tetapi pada warnanya yang beraneka ragam.

Mawar potong bisa mencapai 30 varietas. Warnanya pun bisa campur dalam satu kuntum. Misalnya, mawar putih berujung merah bernama Dolcevita, mawar kuning strip merah bernama Konfety. "Mawar tersebut kami beri nama sendiri. Ya, kayak kita memberi nama ke binatang," kata Marco Rosihan Yacub, Operation Manager, Farm Division Mangkurajo Fresh Flower.

Sampai sekarang, bibit Mawar potong yang bagus masih harus didatangkan dari Belanda. "Di dalam negeri pun bagus, tapi pernah dicoba ditanam di sini hasilnya kurang maksimal," sela Af Riyanto, Assisten Operation Manager Mangkurajo. Rian menegaskan, untuk mendapatkan hasil yang bagus, pertama kali yang harus dicari sudah tentu adalah bibit yang bagus. "Yang kedua adalah perawatan diantaranya menyangkut pupuk. Mawar termasuk tanaman yang rakus pupuk. Lalu, pengendalian hama dan penyakit dengan memakai rumah kaca. Mawar sangat cocok di daerah sub tropis."

Curah hujan dan kelembapan yang tinggi kadang mengurangi kualitas mawar. Mawar bisa hancur, dan hama pun banyak. "Itu sebabnya penggunaan pestisida sangat diperlukan. Bagi yang tak memiliki tanah luas, bibit dan perawatan tetap harus diperhatikan." Biasanya penyakit yang menyerang ke daun seperti black spot dimana daunnya berguguran. Lalu, meldew dimana daunnya keriting dan ada cendawannya. Atau hama trips dan ulat yang mengganggu.

Di perkebunan Mangkurejo, mawar potong dipanen setiap hari. Panen yang tidak tepat membuat mawar jadi kurang bagus hasilnya ketika mekar. Itu pun harus dipanen ketika mawar masih dalam keadaan kuncup. Ketika sudah dipasarkan, barulah kuntum-kuntum mawar tersebut bisa dinikmati keindahan warnanya.

LAIN SUASANA, LAIN WARNA

Jenis dan warna mawar potong yang sangat beragam dan cantik pas dijadikan pajangan atau diberikan ke orang tercinta. Varietas Red Gala adalah produksi yang paling banyak. Sementara mawar merah dan pink menjadi favorit di hari Valentine. Beda saat musim pernikahan, warna peach jadi pilihan. Lain lagi di bulan Agustus, paduan mawar merah putih atau hanya merah dan putih saja sangat digemari.

Uniknya kalau ada istilah semangka tanpa biji maka mawar pun ada yang jarang duri. Grand Gala salah satu varietas yang sangat jarang duri. Ternyata sama seperti semangka, jenis ini pun banyak digemari. Tak hanya batang mawar yang polos, yang berdaun banyak pun disukai.

tabloidnova.com

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger