Panduan Tepat Memilih Asuransi Mobil

Bookmark and Share


Memiliki mobil tentunya sangat menyenangkan, akan tetapi seiring meningkatnya aksi kejahatan dan masih kurangnya tingkat kedisplinan pengendara lainnya terhadap peraturan lalu-lintas yang ada membuat semakin besarnya resiko berbagai musibah pada mobil kita, seperti perampokan, tabrakan kecil ataupun besar dan pencurian. Saat ini bukan hanya hal tersebut saja, akibat buruk dari bencana alam, seperti banjir pun sudah merupakan hal yang sering menyebabkan kerugian bagi pemilik mobil.

Untuk itu, sebagai solusinya sudah banyak pemilik mobil yang memanfaatkan jasa asuransi khusus kendaraan bermotor misalnya Asuransi Adira. Akan tetapi dalam memilih asuransi tersebut banyak yang harus diperhatikan sebelum menyatakan kesepakatan untuk menggunakan jasanya. Karena jika salah memilih, bukan tidak mungkin malah anda yang bisa dirugikan, jadi ada baiknya anda harus memperhatikan beberapa hal sebelum memilih sebuah jasa asuransi mobil, yaitu :

1.Quality : Pastikan terlebih dahulu asuransi yang akan dipilih termasuk katagori asuransi yang sudah mendapat prediket Best General Insurance, Indonesian Best Brand Award, Indonesian Customer Satisfaction Award. Karena dengan sertifikasi ini sudah jelas menunjukan bahwa asuransi tersebut handal, terpercaya, dan terbukti bertanggung jawab dalam melayani claim pelanggannya.

2.Kelengkapan Pilihan Asuransi : Lihat apakah perusahaan tersebut memiliki kelengkapan jaminan yang Anda butuhkan, misalnya komprehensif, TLO, third party liability, personal accident, huru-hara, banjir, atau gempa. Minta penjelasan detail tentang berbagai jenis asuransi yang ditawarkan itu. Kemudian pilih jenis asuransi yang ditawarkan sesuai kebutuhan Anda.

3.Klaim Mudah dan Tidak Berbelit-belit: Jangan terpaku pada tarif premi murah. Sebab, dalam persaingan dewasa ini, banyak perusahaan asuransi yang banting harga, menawarkan tarif premi murah, akan tetapi belum tentu ada jaminan pelayanan yang mudah dan memuaskan saat proses pengajuan claim.

4.Jaringan Bengkel Rekanan Luas Dan Profesional : Jaringan bengkel rekanan yang luas dan profesional adalah faktor yang sangat penting. Banyak beberapa asuransi yang menerapkan rate murah, tapi percuma saja jika hasil kerja bengkel rekanannya sangat tidak bermutu serta tidak ada jaminan suku cadang hingga tidak memuaskan pelanggan. Seperti halnya jika terjadi cat mobil anda terlihat belang atau tidak sama dengan warna asli body, tentunya ini membuat image mobil anda seolah-olah pernah mengalami kerusakan parah yang membuat nilai jual mobil anda merosot saat akan dijual kembali, cermatilah hal ini

5.Kantor Cabang Tersebar Luas : Lihat pula jaringan dari perusahaan asuransi yang bersangkutan contohnya Asuransi Adira. Misalnya berapa banyak punya kantor cabang, sehingga begitu ada klaim tidak perlu menunggu lama lagi.

6.Layanan Darurat di jalan 24 Jam : Bisa ditanyakan lebih dahulu kemudahan, fasilitas atau nilai tambah apa yang bisa diperoleh bila membeli polis di perusahaan itu. Misalnya, apakah ada mobil derek, mobil pengganti, jasa montir, mobil ambulans dan lain sebagainya. Dan, yang tak kalah pentingnya adalah kemudahan untuk melakukan perubahan-perubahan serta kemudahan dalam bertanya. Layanan ini harus bisa disediakan oleh pihak asuransi tersebut untuk keamanan berkendara seperti jika terjadi kecelakaan, mogok, ban kempes dan segala masalah darurat menyangkut mobil anda tanpa dikenakan biaya serta didukung pula oleh Call Center yang siap melayani kebutuhan asuransi Anda tanpa kenal waktu dan hari libur.

(Berbagai Sumber)

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger