Cek Mesin Dari Knalpot Mobil

Bookmark and Share

Bepergian jarak jauh dgn mobil sewa untuk natal dan tahun baru dgn sanak saudara di kampung halaman, ada baiknya persiapkan kondisi mobil sewa. Paling utama, mesin karena rewel di perjalanan bisa membatalkan acara mudik. Apalagi jalan yg dilalui beragam kondisi, di antaranya jalanan menanjak.

Nah, untuk mengetahui kondisi dapur pacu, tak perlu membuka kap mesin. Repot mencopot busi, terus teliti satu persatu kabel busi (untuk yg masih karburator) dan komponen lainnya. Tapi cukup dgn mencermati ujung knalpot.

Kerak Hitam

Di ujung knalpot untuk mobil sewa banyak kerak menandakan terlalu banyak bensin yg terbuang lewat asap knalpot. Penyebabnya, biasanya konsumsi bensin sangat boros dan tenaga kurang, terutama pada akselerasi awal. Bisa disetel sistem karburasinya.

Kerak Abu-Abu

Kondisi mobil sewa yang seperti ini menandakan pembakaran di mesin sempurna. Campuran udara, bensin dan pemantik api dalam kondisi ideal hingga pembakaran didapat.Dalam kondisi lalulintas padat (macet) sulit dirapat kerak abu-abu. Karena bensin mentah banyak terbuang melalui knalpot. Meski setelan mesin sudah ideal, kadang ujung knalpot berkerak hitam.

Untuk mengetahuinya, geber mobil sewa pada rpm tinggi di jalan bebas hambatan. Tahan selama beberapa menit, selain untuk membuang sisa kerak di ruang bakar, juga efekttif mengetahui kondisi ujung pipa knalpot.

Percikan Air

Kejadian ini normal saat kondisi mesin masih dingin. Sumber air bukan dari mesin mobil sewa anda, namun efek kondensasi (embun) di saluran knalpot. Seiring dgn naiknya suhu di dalam pipa dan muffler, percikan air akan hilang. Kondisi ini sekaligus mengindikasikan saluran pipa yg bersih dari lelehan oli atau kerak yg menumpuk.

Serpihan Kotoran

Serpihan ini keluar saat mesin bekerja di rpm tinggi. Bentuknya bisa berupa besi karatan atau benda mirip kapas yg terbakar. Ini sekaligus menunjukkan kondisi saringan knalpot (muffler) yg keropos akibat karat. Serpihan karat dan peredasm glasswool di dalam muffler lepas, sehingga keluar bersamaan dengnan asap knalpot. Biasanya kondisi seperti ini disertai bunyi gemuruh dari knalpot yg bocor dan diikuti konsumsi bahan bakar boros.

Lelehan Oli

Kondisi ini mengisyaratkan adanya oli mesin mobil sewa yg masuk ke ruang bakar dalam kuantitas cukup banyak. Bersamaan dengnan sisa gas buang, oli akan terbuang melalui saluran pipa knalpot. Saat mesin dinyalakan, juga disertai munculnya asap putih yg tebal.

Penyebabnya, bisa karena kondisi ring piston yg aus atau longgar. Atau berasal dari rembesan oli akibat sil katup pecah. Perbaiki atau periksa kedua komponen ini sebelum kerusakan bertambah parah.

Sumber: blog.sewamobilsurabaya.com

Temukan semuanya tentang iklan gratis, Pasang Iklan, usaha, Iklan Baris

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger