Melihat Masalah Karet Damper Plat Kopling Tiger

Bookmark and Share


Dalam kursus montir motor akan diajarkan bahwa Akibat usia pakai yg lama, wajar rasanya jika terjadi kerusakan atau deformasi bentuk pada part motor. Namun yg jadi perprobleman adalah, tidak semua part mudah terpantau apakah kondisinya masih dalam keadaan bagus atau sudah mulai rusak atau bahkan sudah tak layak pakai.

Salah satu dari problem ini pernah dialami oleh pengguna Honda Tiger lansiran tahun 2000 kebawah. Problemnya ada pada karet damper di pressure plat kopling.

Terlalu sering terbakar hawa panas mesin dan terendam oli, membuat part yg satu ini mengalami deformasi bentuk dan kualitas. Memang, karet ini didesain tak seperti part fast moving lalinnya. Karet ini dirancang lebih kuat dan lebih tahan lama.

Nah, yg jadi perprobleman adalah, saking lamanya part tersebut berada dalam suatau wadah yg tak terlihat oleh mata, pengguna atau pemilik motor tak akan memperhatikan atau bahkan tak tau kalau ada part itu di dalam sana.

“Baru-baru ini sudah ada empat motor. Rata-rata mengeras, tapi ada satu yg hancur jadi serpihan,” kata Soebronto Laras alias Bronx, pemilik sekaligus mekanik dari bengkel Mandiri Motor, Jakarta Barat. Kursus montir motor

Menurut Bronx, problem ini diperkirakan karena usia pakai yg bisa diterima. Damper memiliki funghsi meredam tekanan langsung dari perputaran mesin ke rumah kopling. Artinya, karet penahan akan mengalami panas, meski pendinginan dialiri oleh pelumas.

“Sepertinya sih menygkut material karetnya. Mungkin bahan baku damper rumah kopling di Tiger enggak semuanya sama karena kemungkinan dibuat oleh supplier berbeda. Yg kedua adalah soal penggunaan oli,” ungkap mantan Kepala Mekanik AHASS Honda Tiger Mailing List (HTML), Jakarta Selatan ini.

Ciri damper sudah mulai mengeras dan hancur jadi serbuk waktu mesin keadaan langsam. Kedengaran sudah klotak-klotak di bagian kopling. Pas kopling ditekan, suara itu hilang.

“Parahnya, serbuk dari hancuran karet jadi menyumbat lubang semprotan oli. Fatal, kan akibatnya,” jelas Bronx Bronto yg bermarkas di Jl. Panjang Raya, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Kursus montir motor

Menurut Bronx, jika hal ini terjadi satu-satunya cara adalah dengan mengganti karet dengan pemasangan ke tutup rumah kopling dipantek ulang.

Nah, jika Anda mengalami atau mendengar suara janggal pada koplingnya saat langsam dan hilang saat tuas kopling ditarik, maka segeralah periksa Tiger Anda.

Sumber: gilamotor.com

Temukan semuanya tentang iklan gratis, Pasang Iklan, usaha, Iklan Baris

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger