Tips Dan Trik Membeli Suku Cadang

Bookmark and Share


Satu hal yg wajib dilakukan dalam menyiapkan mobil adalh, memeriksa bahkan bila perlu mengganti suku cadang mobil.

Bila anda memilih membawa mobil ke bengkel resmi, pemilihan suku cadang bisa langsung diserahkan bengkel tersebut. Sebab, bengkel ini hanya menyediakan suku cadang asli bawaan pabrik. Sehingga keaslian dan kualitas terjamin.

Hanya, harga suku cadang di bengkel resmi biasanya terpaut jauh dengan suku cadang produksi pabrikan lain.

“Mudahnya ada tiga tipe suku cadang orisinil dari pabrikan mobil atau pemasok resmi, buatan pabrikan lain Akan tetapi sama-sama dari negara asal suku cadang asli atau biasa disebut KW 1. Kemudian buatan pabrikan lokal atau KW 2,” tutur Yogie SW, Kepala Mekanik Bengkel Cipondoh Jaya Motor, Tangerang, kepada Tempo, di Tangerang, Senin (23/8).

Ketiganya suku cadang hampir sama. Sehingga sulit sekali membedakannya. Terlebih bila suku cadang itu palsu Akan tetapi menggunakan kemasan dan label suku cadang asli.

Padahal, membedakan suku cadang asli dengan KW 1 dan KW 2 sudah cukup sulit. “Akan tetapi ada cara yg paling dan bisa dilakukan oleh siapa saja,”.

Berikut pedoman meneliti suku cadang:

1. Pastikan ke pedagang

Langkah pertama adalh memastikan tipe suku cadang yg ada ke pedagang. Tanyakan mana yg tipe orisinil, KW 2, dan KW3.

Bila ternyata pedagang enggan menjelaskan masing-masing tipe atau bahkan cenderung menutup-nutupi spesifikasi barang dagangannya itu atau cenderung memaksa maka segera tinggalkan toko. Pedagang yg baik akan mengatakan dengan jujur tipe barang dagangannya dan menjelaskan kekurangan dan kelebihannya.

Bila pedagang itu dengan senang hati memberi kepastian dan menjelaskan produknya, anda boleh melanjutkan langkah berikutnya.

2. Kemasan

Ada beberapa bagian kemasan yg perlu dicermati utk mengethaui suku cadantg yg asli atau palsu. Pertama, pastikan sticker hologram. Kemasan suku cadang asli selalu ditempeli stcker hologram, sebaliknya suku cadang palsu tdk menggunakannya.

Kedua, amati cetakan huruf, logo, serta warna di kemasan tersebut. Bila warna agak pudar, huruf tdk sama, dan gambar logo tdk sempurna. Pasalnya, pabrikan suku cadang asli memiliki divisi control kualitas yg sangat ketat termasuk dalam hal cetakan kemasan.

3. Teliti bentuk produk

Bila anda sudah cukup yakin dengan kemasan suku cadang tersebut, langkah selanjutnya adalh meneliti detil suku cadang yg bersangkutan. Caranya, raba bagian demi bagian.

“Tepi dan lekuk suku cadang palsu terasa kasar, meskipun bedanya sangat tipis. Akan tetapi bagi yg sudah berpengalaman atau paham suku cadang asli perbedaan sekecil apapun terlihat,” .

Bila anda merasa akan kesulitan utk menentukan mana yg asli dan palsu, sebaiknya mengajak orang yg paham atau mekanik bengkel langganan dan anda percayai.

4. Baca buku pedoman

Bila anda bingung dengan patokan harga suku cadang di bursa onderdil sebaiknya mengacu pada buku pedoman. Pasalnya, pedagang di bursa bisa saling banting harga dengan mengklaim suku cadang itu asli atau KW 2. Sementara barang yg diberikan ke anda KW3.

Sumber: rajufebrian.wordpress.com

Temukan semuanya tentang iklan gratis, Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger