Wisata Ala Kota Yogyakarta

Bookmark and Share

Kementerian Kebudayaan dan Pariwista (Kemenbudpar) mewacanakan untuk mengembangkan paket tour wisata “vulcano tracking” di sekitar lereng Gunung Merapi.

“Ada usulan untuk membuat paket tour wisata baru yakni `vulcano tracking` di sekitar Merapi,” kata Sekretaris Dirjen Pengembangan Destinasi Pariwista Kemenbudpar, Winarno Sudjas.

Ia mengatakan, pihaknya menyatakan menyambut baik usulan tersebut dan siap melatih pemandu paket tour wisata lokal dari karang taruna di wilayah Yogyakarta untuk dilatih dan dididik sebagai pemandu wisata vulcano.

Menurut dia, wacana tersebut sangat potensial untuk menjadi daya tarik baru guna mendatangkan wisatawan minat khusus sekaligus sebagai upaya perintis untuk memulihkan pariwista Yogyakarta pascaletusan Merapi.

“Dgn berkembangnya paket tour wisata ini, maka kios-kios `souvenir`, penginpan, dan fasilitas pendukung wisata akan mulai menggeliat sehingga sektor riil di Yogyakarta akan segera pulih,” kata Winarno.

Untuk memulai rencana paket tour wisata ini, kata dia, harus ada komitmen dari semua sektor termasuk para pelaku pariwista di sekitar Merapi. “Setelah semua siap baru kita akan masuk dan menyiapkan pelatihan,” katanya.

Pihaknya juga akan berupaya meyakinkan calon investor untuk turut serta membenahi pariwista Yogyakarta.

Winarno mengatakan, pihaknya sudh mulai membicarakan rencana paket tour wisata minat khusus tersebut dgn para pelaku pariwista di Yogyakarta.

Namun pada masa tanggap darurat seperti sekarang seluruh pemangku kepentingan masih dalam tahap penghimpunan data. “Jadi kita masih menunggu untuk bisa mengembangkan paket wisata napak tilas vulcano atau paket wisata yg menyajikan aspek dramatis letusan Merapi,” katanya.

Paket tour wisata itu juga yg sedang dipikirkan pelaku pariwista di Yogyakarta termasuk untuk mengubah jenis model paket yg semula “outbond” menjadi paket tour wisata yg menonjolkan aspek edukasi.

Contohnya, wisata vulcano untuk anak-anak sekolah yg menunjukkan pada mereka tentang apa saja material yg dikandung dalam gunung berapi. “Kami percaya, masyarakat Yogya ini kreatif sehingga diharapkan mampu menciptakan paket tour wisata yg inovatif,” demikian Winarno Sudjas.

Sumber: nusantara.tvone.co.id

Temukan semuanya tentang iklan gratis, Pasang Iklan, usaha, Iklan Baris

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger