Tips Memulai Bisnis Di Jalur Musik

Bookmark and Share

Banyak orang mengatakan bisnis berkaitan dengan rejeki, yang penuh misteri. Di lain sisi, banyak orang berkata, tidaklah mudah membangun sebuah bisnis. Jika ingin melakukannya, haruslah memiliki pengetahuan cukup di bidang musik atau setidaknya join dengan orang-orang yang berpengalaman di bidang musik.Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan berkaitan dengan bisnis musik berdasarkan pengalaman penulis dan beberapa rekan.

1. Player/Pemain Musik

Anda harus memiliki keahlian yang mumpuni di bidang ini. Jika keahlian berani diadu, anda bisa mencari uang sebagai pemain band, organ tunggal, guru musik, dll.Modal bisa kecil, bisa besar. Tergantung dimana dan dengan cara bagaimana anda belajar musik, kursus, sekolah musik resmi, atau yang paling murah-meriah otodidak

2. Guru Musik

Cukup terlihat bermain hebat di depan banyak orang, pasang iklan, murid akan datang. Selain praktek, disarankan menguasai teori musik. Besar modal tergantung anda sendiri.

3. Membuka Kursus Musik

Membuka kursus musik modal awalnyanya cukup besar. Dari mulai tempat, alat tulis, buku, alat musik, listrik, promosi, gaji guru, dll, yang paling minimal menelan biaya 50 juta rupiah sebagai modal awal.

4. Organ Tunggal

Sebagai awal cukup bermodalkan sebuah keyboard, satu speaker, dan microphone kualitas standar, kabel, style, song midi, dll, paling tidak 25 juta rupiah.

5. Studio Musik

Untuk studio musik sederhana cukup mudah. Sebuah ruangan, peredam, AC, 1 set alat musik, sound system, listrik, yang modal awal kurang lebih 100 juta, jika semua dibeli dalam keadaan baru. Jika dicampur second, lebih murah tentunya.

6. Penyewaan Sound System

Modalnya paling tidak 25 juta untuk jenis sound sederhana. Semakin sound lengkap dengan kemampuan watt besar, akan semakin mahal tentunya.

7. Studio Rekaman

Inventarisnya mirip dengan studio musik. Hanya lebih lengkap, seperti penambahan mic, mixer, equalizer, speaker, efek gitar canggih, dsb, dengan kualitas studio rekaman. Modal awal sekitar 100-150jt

8. Produser Rekaman/Perusahaan Rekaman

Inilah taipan dari semua jenis industri musik. Mereka-lah yang memproduksi para Artis yang wira-wiri di radio dan televisi anda. Mengenai modal, jangan ditanya. Milyaran.Bahkan ada yang merupakan cabang dari Major Label luar, dengan Anggaran mencengangkan.

9. Perusahaan Pembuat RBT

Yang paling mahal justru ijin Perusahaannya. Dan yang paling susah adalah cara kerja managemennya. Dari mulai membuat jaringan kerja dengan operator ponsel, artis, hingga iklan. Modalnya bisa di atas 1M.

Sumber Terkait

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar