Bahas Bersihkan Karburator Motor

Bookmark and Share
Membersihkan karburator motor adalah sebagian dari perawatan motor anda agar tetap prima kondisinya dan bisa menemani kemanapun anda pergi, berikut ada beberapa tips membersihkan karburator bila anda ingin melakukannya sendiri:

Pertama, buka filter udara yang tertancap pada corong karburator serta lepas juga busanya lalu bersihkan dengan pembersih atau gunakan cairan yang dapat membersihkan kotoran. Tujuannya adalah untuk membersihkan filter udara atau yang biasa kita sebut dengan penampung debu. Hal yang sering kami jumpai di beberapa bengkel adalah dengan menyemprotkan udara bertekanan tinggi dengan kompresor. Sebenarnya tindakan ini tidak baik untuk filter karburator karena dapat merusak pori – pori pada busa filter.

Kedua, bagian inti yakni membersihkan karburator. Berhati – hatilah dalam membuka, perhatikan baut pengikat karburator lepaskan dengan seksama seperti tutup karburator, katup choke dan kran bensin. Untuk membukanya dapat anda gunakan kunci yang pas, bila kunci kekecilan atau kebesaran dikawatirkan nantinya akan dol sehingga karburator tidak dapat terpasang dengan baik. Untuk komponen karburator yang telah terlepas sebaiknya taruh diwadah yang memadai kemudian isi wadah tersebut dengan cairan pembersih, biasanya yang dilakukan montir membersihkan dengan bensin.

Lepaskan satu – persatu bagian karburator mulai dari mangkok karburator, jarum dan pelampung, main jet, pilot jet serta beberapa bagian lain yang menempel pada karburator. Part yang kecil – kecil tersebut jangan sampai hilang kalau hilang susah nyarinya bro apalagi yang orisinil Anda harus beli karburator full di dealer atau bengkel resmi. Taruh ditempat yang mudah untuk dijangkau dan dilihat biar nggak ketilapan.

Apabila bagian karburator sudah terlepas semuanya, mulailah dengan menyapukan kuas secara perlahan, gunakan kompresor atau apapun yang dapat mengeluarkan udara bertekanan tinggi, kalau hanya ditiup dijamin nggak bakalan bersih. Yang perlu dibersihkan dengan kompresor adalah lubang lubang pada spuyer. Bila kotoran terlalu banyak yang menempel hingga terlihat kerak gunakan amplas dengan tekstur halus. Hal yang perlu diperhatikan dalam mengamplas tidak perlu menggunakan tenaga karena akan menyebabkan ukuran spuyer berubah.

Setelah yakin bagian kecil dari karburator bersih pasanglah dengan hati – hati. Gunakan obeng dengan ukuran yang pas. Kencangkan spuyer tapi jangan terlalu keras agar spuyer tidak aus.

Ketiga, jangan lupa untuk mensetting tinggi pelampung sebelum memasang komponen karburator secara keseluruhan. Bila perlu gunakan alat untuk mengukur tinggi rendahnya seperti jangka.

Keempat, Rakit atau pasang kembali semua bagian karburator jangan sampai ada yang terlewatkan. Pasang juga filter udara yang telah dibersihkan tadi pada lubang mesin. Jangan lupa setting juga karburator dalam keadaan mesin hidup bila ada alat untuk mengatur RPM  aturlah sesuai standar bawaan motor.

Demikian tipsnya dalam membersihkan kerburator motor anda semoga bermanfaat untuk anda, temukan info menarik tentang rental mobil bandung cipaganti


Temukan artikel terkait:   Tips Membersihkan Ban Mobil

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar