Perihal Mengkonsumsi Makanan Kaleng

Bookmark and Share


Makanan kaleng memang praktis namun bila dikonsumsi terlalu sering maka akan membuat efek yang tidak baik untuk kesehatan karena makanan kaleng mengandung pengawet, berikut ada beberapa tips pilih makanan kaleng:

1. Saat membeli, pilih kemasan kaleng yang utuh dan bagus. Hindari makanan kalengan dengan bagian kaleng yang penyok, cacat, atau bocor. Kaleng yang mengelembung merupakan indikasi pembusukan dan tidak layak dikonsumsi.
2. Setelah dibuka, dan tidak habis dikonsumsi atau masih bersisa, pindahkan segera sisa makanan ke dalam wadah bertutup dan simpan di dalam lemari es.
3. Buang makanan kaleng yang sudah busuk mencegah terjadinya orang lain atau binatang mengkonsumsinya
4. Menyimpan makanan kaleng dengan tutup terbuka bisa dilakukan asal disimpan di lemari pendingin selama 1-2 hari.
5. Makanan kalengan hanya dapat dimasak sekali saja, tidak untuk dimasak dan dipanaskan berulangkali karena nutrisinya akan susut.
6. Cairan dalam kaleng juga mengandung nutrisi, jadi jika ingin menambahkan air sebaiknya air matang dan bersih.
7. Untuk buah - buahan yang dikemas dalam jus juga memiliki kandungan baik dibanding dengan sirup buah.
8. Untuk mendapatkan rasa yang optimal, saat mengolah makanan kalengan bisa ditambahkan bahan dan bumbu segar seperti cabai, tomat atau bumbu segar.
9. Biasakan selalu menambahkan bahan segar seperti sayuran segar saat mengolah makanan kalengan agar nutrisinya lebih lengkap.
10.Buang segera makanan kalengan yang berbuih, berjamur atau berubah warna. Karena hal ini menunjukkan makanan sudah tidak layak dikonsumsi.

Demikian tipsnya dalam memilih makanan keleng semoga menambah pengetahuan anda temukan info menarik tentang resep jajanan pasar



Temukan artikel terkait:  Tips Konsumsi Sarapan Sehat

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar