Petunjuk Perawatan Tangki Motor

Bookmark and Share


Tangki motor adalah komponen penampung bahan bakar oleh karena itu perlu perawatan juga agar terhindar dari kebocoran ada beberapa hal yang perlu anda lakukan untuk menghindari kebocoran pada tangki motor anda, berikut tipsnya:

-Berikan magnet pada dalam tangki, berfungsi untuk menarik kerak-kerak besi pada dalam tangki
-Jika sudah bocor ganti plat bawah tangki dengan plat bahan Galvanis trus bagian dalam tangki di cat poksi anti karat, dijamin tidak ada keluhan rembesan yang berpindah pindah.
-Rekomendasinya menggunakan epoxy tapi karena lubangnya terlalu besar ditutup dulu dengan fibreglass woven dan resin, jadi ada composite material. butuh waktu sekitar 6 jam sampe kering benar. campuran hardenernya dipilih tidak terlalu banyak, agar tidak getas, dan kurang nempel. jika sudah tertempel rapi dan baik di bagian tangki yg bocor baru akhirnya ditutupi lagi seluruhnya dengan epoxy/plastic steel. permukaan yang ditutup material ini sengaja lebih lebar dari yang ditutup pelat kompositenya berharap dari kekuatan material kedua ini, semuanya lebih terekat baik.
untuk bahan yang kedua ini sebenarnya cepat kering.

cara lengkapnya:
Langkah awal lepaskan tangki dari motor, kuras bensin dan keringkan. Jika korosinya sudah parah ada baiknya ditambal terlebih dahulu. Kemudian ikuti proses berikutnya. Siapkan pelor komstir sebanyak mungkin dan 1 liter tiner. Masukkan ke dalam tangki dan guncang agar pelor bergerak ke seluruh tangki. Lakukan proses ini berulang-ulang, sehingga cairan tiner yang keluar dari tangki bersih dari karat. Kemudian keringkan di bawah terik matahari.

Setelah benar-benar kering, siapkan campuran tiner dengan epoxy. Usahkan campuran ini jangan terlalu kental, ada baiknya encer. Masukkan cairan epoxy ini ke dalam tangki. Goyangkan tangki agar cairan epoxy merata ke seluruh bagian. Diamkan tangki di tempat teduh hingga lapisan epoxy kering. Lakukan ini berulang ulang agar lapisan epoxy di dalam tangki tebal.
Setelah selesai pasang kembali tangki ke posisi semula.

-Untuk pencegahan, jangan sering membiarkan tangki dalam kondisi kosong. Soalnya bisa mengundang kondensasi dan air.

Demikian tipsnya dalam merawat tangki motor agar terhindar dari kebocolan tangki bahan bakar semoga bermanfaat untuk anda, temukan info menarik tentang modifikasi motor satria f150

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar